Cari Blog Ini

Jumat, 17 Desember 2010

manuver2 militer setelah perang bani quraizah

Tebunuhnya Sallam bin Abul-Huqaiq
Sallam bin abul-huqaiq bisa juga di panggil abu rafi adalah salah seorang penjahat perang,karna dialah salah seorang pemuka yahudi yang menghasut kaum kurais serta kabilah-kabilah lain untuk menyerang kaumuslimin yang ada di madinah , serta abu rafi pula ikut serta membiayai peprangan itu dengan harta dan bahan makanan.
Maka kaum khazraj menyampaikan keinginan untuk membunuh abu rafi setelah kaumuslimin menyelasaikan urusannya dengan bani Quraizhah yang berkhinat ketika perang ahzab,kaum khazraj ingin mendapat kehormatan seperti kaum Aus yang sebelumnya telah membunuh salah satu musuh Allah yaitu Ka’b bin Al-Asyraf salah satu pemuka yahudi.
Setelah mendapat ijin serta wasiat rasullulah saw untuk tidak membunuh wanita dan anak-anak maka mereka berangkat menuju khaibar tempat abu Rafi berada beserta bentengnya, Abdullah bin Atik salah satu dari rombongan berkata :kalian duduk saja di sini aku akan pergi mngelabui penjaga pintu ,siapa tahu aku bisa memasuki benteng.’’
Dia mendekati pintu benteng ,lalu memicingkan pakaian layaknya orang yang hendak buang hajat.Saat itu semua orang telah memasuki benteng.penjaga pintu berkata secara berbisik kepadanya, ‘’wahai Abdullah,apabila hendak masuk,masuklah,karna aku hendak menutup pintu ini’’
Abdullsh bin atik menuturkan ‘’lalu akupun masuk benteng dan main kucing-kucingan. Singkat kata Akupun akhirnya bisa masuk kerumah abu rafi dan berhasil membunuhnya walaupun betisku terkoyak maka aku keliar menghampiri teman-temanku setelah kudapatkan kabar tentang kematiannya dari orang yahudi yang akan memberikan kabar kepada pedagang penduduk hijaz.setelah itu aku menghampiri teman-emanku seraya aku katakan’’selamat .Allah telah membunuh abu rafi’’.
Setelah bertemu nabi saw aku kabarkan yang telah terjadi.beliau bersabda’’bentangkan kakimu’’maka aku bentangkan kakiku lalu beliau mengusapnya,hingga tidak lagi kurasakan rasa sakit sama sekali .
Peristiwa ini terjadi pada bulan dzul-qaidah atau dzul-hijjah tahun ke 5 hijriyah
BEBERAPA IBRAH
1.Berlomba-lomba dalam kebaikan .dengan pengajuan yang di ajukan kaum khazraj mendahului kaum yang lain
2.Memberikan sesuatu untuk ejayaan islam dan dakwah.kaum khazraj merasa ingin mendapat kehormatan dengan cara membunuh orang yang merintangi dakwah islam sebagai mana kehormatan yang telah di dapatkan oleh kaum Aus
3. dalam mencpai suatu tujuan harus selalu memiliki target serta strategi untuk mencapainya
4.pengorbanan akan selalu mengiringi sebuah perjuangan